Berkebun.ID

Cara Berternak Ayam Kampung dan Tahapnya

Cara berternak ayam kampung awalnya banyak dilakukan sebagai usaha sampingan. Ayam kampung ini pun banyak dipelihara di pekarangan rumah dan bebas berkeliaran. Seiring banyaknya permintaan akan telur dan daging ayam kampung, kini ternak ayam kampung semakin dilirik. Telur ayam kampung banyak dijadikan sebagai bahan tambahan jamu, sedangkan kandungan gizi dalam dagingnya lebih unggul dibandingkan dengan ayam negeri. Bagaimana? Tertarik untuk beralih usaha ke ternak ayam kampung? Berikut ulasannya.

cara berternak ayam kampung
cara berternak ayam kampung

Menyiapkan Kandang

Siapkan kandang sesuai dengan metode ternak ayam kampung yang akan diterapkan. Ada 2 metode, yakni system umbaran dan system semi intensig. Bentuk kandang pada sistem umbaran tidak ditentukan. Ayam dilepas pada pagi hari, saat menjelang sore ayam dimasukkan dalam kandang. Sedangkan untuk system semi intensif, menggunakan kandang tipe pekarangan. Sekeliling lahan kandang dipagari, agar ayam tidak bisa keluar dari kandang.

Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit ayam kampung yang berkualitas. Bibit ayam dapat diperoleh dengan membeli telur kemudian ditetaskan sendiri atau dengan membeli Day Old Chichken (DOC) atau indukan. Bibit yang bagus dan berkualitas memiliki ciri-ciri tidak cacat dengan mata bersinar, bulu bersih, dan mampu berdiri tegap.

Pemberian Pakan

Berikan pakan secara teratur, baik pakan alami maupun buatan. Biarkan kandang beralaskan tanah yang ditumbuhi rerumputan untuk memberikan pakan alami bagi ayam. Untuk ayam yang berumur 0-2 bulan, berikan pakan ayam broiler. Sementara itu untuk pakan buatan dapat dibuat dari campuran pakan broiler, dedak dan jagung dengan perbandingan 1:3:1 dapat diberikan ketika ayam berumur 2-4 bulan.

Selanjutnya di atas 4 bulan berikan campuran antara layer dan dedak atau jagung dengan perbandingan 1:2. Jangan lupa pakan hijauan sekitar 7-8 gram per hari. Saat berumur lebih dari 6 bulan atau memasuki masa bertelur, berikan pakan berupa campuran dari layer dan dedak dengan perbandingan 1:1.

Pemanenan

Lakukan pemanenan ayam kampung setelah berumur lebih dari 8 hingga 12 bulan. Pada umur inilah waktu paling pas ayam untuk dikonsumsi.

Itulah cara berternak ayam kampung secara sederhana dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *