Berkebun.ID

Cara Berternak Bebek Secara Mudah

Saat ini, berternak bebek semakin banyak diminati oleh para pelaku usaha. Bukan tanpa alasan, budidaya bebek memiliki omset yang menggiurkan. Tak hanya telurnya saja yang laku dijual. Saat masa produktifitas telur habis, daging bebek siap dipanen. Olahan daging bebek pun kini semakin banyak dan laris di pasaran. Ingin mencoba peruntungan dengan berternak bebek? Berikut cara berternak bebek yang dapat anda jadikan referensi.

cara berternak bebek
cara berternak bebek

Siapkan Kandang

Siapkan kandang bebek. Sebaiknya sesuaikan kandang dengan metode budidaya yang akan diterapkan. Ada 2 metode dalam berternak bebek, yaitu metode penggembalaan dan metode kandang. Metode penggembalaan banyak dilakukan oleh peternak tradisional. Cara ini lebih hemat, karena bebek akan mencari makan sendiri di alam. Untuk hasil telur lebih baik dengan warna kuning sempurna. Sementara itu untuk metode kandang, bebek tidak dilepas di alam, namun diberi pakan setiap harinya.

Pilih tipe kandang sesuai dengan lokasi, luas lahan, tenaga kerja, dan modal. Jika lahan luas gunakanlah tipe kandang pekarangan, semua aktivitas bebek dilakukan di pekarangan. Sebaliknya jika lahan sempit gunakanlah tipe kandang terkurung atau tipe baterai.

Pemilihan Bibit dan Pemberian Pakan

Pilihlah bibit bebek yang berkualitas. Anda dapat menetaskan sendiri ataupun membeli anakan dari peternak lain.

Berilah pakan ternak bebek, yakni pakan alami (keong, kepala udang) dan pakan konsentrat (pabrikan). Untuk bebek yang baru menetas hingga berumur 21 hari sebaiknya pakan diberukan pada baki pakan (tray feeder). Sedangkan pemberian pakan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan secara terus menerus. Hal itu berlaku pula untuk pemberian air minum, tambahkan vitamin pada air minum untuk anak bebek 0-7 hari.

Demikian cara berternak bebek secara sederhana yang bisa Anda terapkan di pekarangan rumah Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *