Berkebun.ID

Cara Berternak Burung Lovebird Dan Tahapnya

Cara Berternak Burung Lovebird dan Tahapnya – Banyaknya peminat pada burung lovebird ini menjadikan salah satu usaha yang menjajikan. Tidak heran banyak masyarakat yang membudidaya burung kicau ini. Burung lovebird juga sangat populer di Indonesia, kepopuleran ini mengingat keunikannya dan warna bulu yang sangat menarik bagi masyarakat sekitar terutama pada kicauannya. Kali ini kami akan membahas bagaimana cara berternak burung lovebird banyak cara untuk mengembangbiakkan burung yang menarik ini. Berikut tahap tahap mengembangbiakkan burung lovebird.

cara berternak burung lovebird bertelur
cara berternak burung lovebird bertelur

Memilih Jenis Kelamin Pada Burung Love Bird

Cara memilih jenis kelamin pada lovebird dikatakan memang agak sulit. Ada beberapa cara untuk mengetahui jenis kelamin lovebird berikut cara dan tekniknya.

  • Lovebird betina biasanya memiliki ukuran lebih besar daripada pejantan dan ukuran betina masih sedikit lebih kecil daripada pejantan.
  • Burung lovebird betina memiliki tulang panggul lebih besar karena tulang panggul betina difungsikan sebagai bertelur.
  • Anda juga bisa melihat perbandingan jantan dan betina pada saat bertengger kebanyakan love betina kaki akan sedikit renggang pada saat bertengger dari pada pejantan.
  • Penjantan biasanya berpasangan meskipun kadang juga berpasangan sama dengan penjantan lainnya. Oleh karena itu anda harus memperhatikan secara detail untuk proses pemilihannya.
  • Bentuk badan burung lovebird betina bisanya lebih bulat dan lebih berisi dari pada pejantan.
  • Suara pada burung lovebird betina biasanya memiliki suara kekek lebih panjang dari pada pejantan.

Usia Produktif Pada Burung Lovebird

Burung love bird biasanya sudah siap untuk membuahi pada usia 8 bulan untuk jantan sedangkan untuk betina idealnya berusia 1 tahun.

Menentukan Tuhuan Breeding

Teknik pengawinan tergantung tujuan anda dalam menghasilkan burung lovebird yang bersuara bagus ataupun memiliki bulu yang bagus. Apabila ingin memiliki suara yang bagus anda harus mengawinkan burung jantan kepada betina yang memiliki suara yang bagus. Dan apabila anda menginginkan bulu yang bagus, anda bisa mengawinkan pejantan dengan metode poligami atau mengawinkan pejantan ke 3 betina.

Sangkar Lovebird

Anda bisa membuat sangkar burung lovebird dengan ukuran antara 40x40x40/50x50x50 cm. Burung love bird biasanya lebih mudah dikembangbiakkan apabila pejantan dan betina dikumpulkan menjadi satu kandang dan tidak dikumpulkan dalam jumlah banyak. Tidak lupa memberi tempat bertelur atau sarang dengan ukuran 20x25x25 cm. Untuk tempat telur anda bisa mengisinya dengan ranting kering atau daun dan serbuk gergaji yang tidak terlalu berbau. Mengingat burung ini suka bertengger berikan tempat bertengger dari ranting atau kayu bekas.

Cara Mengawinkan Lovebird

Cara mengawinkannya, anda bisa menempatkannya dalam satu kandang dan biarkan 3 sampai 10 minggu. Apabila berhasil biasanya betina akan mengeramkan telurnya selama 22 hingga 25 hari. Dalam proses ini sebaiknya tidak diganggu, kecuali anak burung lovebird diabaikan oleh induknya.

Makanan Anak Love Bird

Pakan anak burung lovebird anda bisa memberinya dengan bubur instan untuk bayi dan apabila malam membuatnya anda bisa membelinya di toko ternak burung langganan anda. Berikan juga multivitamin agar burung tetap terjaga kesehatannya.

Cara pemberiannya anda cukup membuat bubur instan yang sudah disiapkan dan anda bisa menggunakan jarum suntik tetapi tanpa jarum untuk menuapkan pada anak burung lovebird tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri

One thought on “Cara Berternak Burung Lovebird Dan Tahapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *