Berkebun.ID

Cara Budidaya Jagung Dengan Kualitas Yang Bagus

Cara Budidaya Jagung Dengan Kualitas Yang Bagus – Jagung merupakan tanaman yang penting sebagai bahan pangan maupun bahan untuk berbagai produk. Banyak produk yang menggunakan bahan dari jagung sebagai bahan dasarnya contoh seperti tepung jagung dan minyak dan banyak lainya yang digunakan sebagai produk industri.

Jagung juga dianggap sebagai makanan pokok bagi penduduk Amerika Tengah dan sekitarnya. Berikut artikel ini akan membahas teknik cara budidaya jagung yang baik agar nantinya pada waktu panen menghasilkan jagung yang baik dan berkualitas bagus.

penyiapan lahan cara budidaya jagung

Menyiapkan Lahan

Hal pertama yang yang harus dipersiapkan untuk menanam jagung adalah menyiapkan lahan. Tanaman jagung dapat berapdatasi dengan tanah yang berupa tanah liat/lempung yang berpasir dengan PH 6-8 dengan suhu 24-30 derajat celcius. Untuk melindungi dari gulma dan hama tanah haruslah diberi pupuk setiap bedengan dan disiram dengan air. Jangan lupa beri jarak antara bedengan kira kira 75cm.

Menyiapkan Benih

Teknik yang kedua adalah dengan memilih benih yang baik dan berkualitas gunakan juga varietas yang sudah diakui oleh pemerintah. Sebaiknya telah mengalami perbaikan clan keadaan setempat. Ini dapat mempengaruhi benih dalam proses pertumbuhan, jadi pilihlah benih yang cocok dengan keadaan sekitar. Jumlah benih yang dianjurkan untuk setiap ha adalah 25 kg. Pilihlah benih yang tingkat kecambahnya sampai 85% dan sehat.

Pembuatan Saluran Irigasi

Buatlah saluran irigasi sebagai tanah apabila terjadi hujan. Buat dengan jarak spasi 2 m. Irigasi ini berguna untuk mengairi tanaman saat musim kemarau tiba atau saat kekurangan air.

Penanaman

Berikan pupuk organik dan kapur pada tanah sebelum melakukan penanaman, setelah itu penanaman bisa dilakukan setalah pemberian pupuk. Buatlah lubang tanam sekitar 3-5 cm, dalam satu lubang anda bisa memasukkan 2 benih jagung setelah itu tutup kembali lubang dengan tanah.

Pemupukan

Agar tanaman dapat subur anda harus melakukan pemupukan. Sebaiknya pemupukan dilakukan pada saat umur tanaman 10 -35 hari setelah ditanam. Lakukan pemupukan tambahan sebanyak 2-3 kali.

Jenis pupuk yang diberikan pada tanaman jagung haruslah memenuhi unsur N,P dan K untuk unsur N. Anda bisa memakai pupuk urea dan unsur P dari SP-36 unsur K dari KCI dengan takaran pupuk yang telah dianjurkan 350 kg urea+200kg SP-36+100kg KCI.

Pengairan

Penggunaan air pada tanaman jagung bisa sampai 400-500 ml/musim atau 6-7 ml/ hari hal itu untuk menjaga tanaman apabila tanaman jagung kekurangan air. Ada 5 fase dalam tahap pengairan ini fase pertumbuhan vegetatif, fase pembuangan, fase pengisian biji dan fase pematangan. Ada 5 teknik dalam pemberian air pada tanaman jagung:

  • genangan
  • alur
  • bawah permukaan
  • pancaran
  • tetes

Panen

Tanaman jagung bisa dipanen apabila umur panen sudah sampai atau sesuai dengan tahap tahap di atas. Sebagian daun sudah berwarna kuning dan agak kering dan kelobot sudah kering.

Demikianlah tahap tahap cara budidaya jagung dengan panen memuaskan dan berkualitas bagus.

Baca juga : Cara Budidaya Sawi Dengan Hasil Memuaskan

One thought on “Cara Budidaya Jagung Dengan Kualitas Yang Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *