Berkebun.ID

Cara Budidaya Melon Bagi Pemula

Cara budidaya melon bagi pemula bisa dibilang susah-susah gampang. Memerlukan ketekunan dalam perawatannya. Melon dengan nama latin cucumis melo ini masih satu kerabat dengan blewah, semangka, dan timun suri. Melon tumbuh merambat namun tidak memanjat. Itu artinya bila tidak ditopang, melon akan tumbuh menjalar di permukaan tanah. Melon akan tumbuh dengan baik di ketinggian 250 hingga 700 mdpl.

cara budidaya melon bagi pemula
cara budidaya melon bagi pemula

Jika kurang dari 250 mdpl, melon cenderung menghasilkan buah yang kecil sedangkan jika berada didataran tinggi bersuhu di bawah 180derajat, melon akan sulit berkembang. Ada 3 jenismelon yang populer dibudidayakan, yaitu:

  • Reticalatus, berbentuk bulat dengan kulit berjala dan daging buah berwarna hijau.
  • Inodorus, berbentuk bulat lonjong dengan kulit mulus kekuningan atau orange dan daging buah berwarna hijau, orange, putih.
  • Cantalupensis, berbentuk seperti blewah dengan kulit bergelombang atau berjuring dan daging buah berwarna kuning atau oranye dengan aroma sangat kuat.

Tahap Budidaya Melon

Pembibitan

Buah melon dapat diperbanyak secara generative dengan menaman bijinya. Untuk satu hektar lahan dibutuhkan 500 hingga 700 gr benih. Sebelum ditanam, rendam benih dalam air hangat selama 6-8 jam, tambahkan fungisida sesuai dosis yang dibutuhkan. Lalu tiriskan dan tebarkan pada kain basah. Biarkan selama 1 hingga 2 hari hingga berkecambah.

Penyemaian

Siapkan media tanam berupa campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1 dan polybag. Pindahkan benih ke media persemaian. Sirami secara teratur, jangan terlalu basah. Tunggu sekitar 14 hari hingga daun tumbuh 2-3 helai daun. Benih siap ditanam.

Persiapan Lahan Tanam

Siapkan lahan tanam dengan ara dibajak lalu dibuat bendengan selebar 100 cm, tinggi 30-50 cm, dengan panjang 10-15 m. Atur jarak bedengan sekitar 50 cm. Lalu beri pupuk kandang 15-20 ton/hektar, tambahkan ZA, KCl dan SP-36 masing-masing 375 kg, 375 kg dan 250 kg. Campurkan hingga merata. Biarkan lahan selama 2-4 hari, lalu tutup dengan mulsa hitam perak.

Penanaman dan Perawatan

Pindahkan satu bibit melon ke dalam setiap lubang tanam. Pemasangan ajir untuk menopang tanaman melon agar penetrasi sinar matahari dapat menjangkau seluruh bagian tanaman. Siapkan bila bamboo sepanjang 1,5 m, lalu tancapkan pada lubang tanam setelah 3 hari penanaman, selanjutnya tali dengan raffia. Siram tanaman melon setiap sore hari hingga berumur 1 minggu, selanjutnya siram sebanyak 2 kali sehari.

Pemupukan tanaman dimulai saat tanaman berumur satu minggu. Beri pupuk kompos ataupun pupuk kimia. Lakukan penyerbukan buatan saat musim hujan pada pagi hari sebelum pukul 10. Cegah serangan hama dan penuakit dengan melakukan penyemprotan menggunakan pestisida organic atau sintetis.

Panen

Setelah berumur 3 bulan, melon siap dipanen. Petiklah buah melon saat tingkat kematangan baru mencapai 90%Terlihat dari serat jala pada permukaan kulit tampak jelas dan kasar. Permukaan kulit sekitar tangkai nampak retak-retak. Warna kulit berubah menjadi hijau kekuningan serta mengeluarkan aroma.

Itulah cara budidaya melon bagi pemula yang bisa Anda terapkan. Semoga berhasil dan menghasilkan buah melon kualitas bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *