Berkebun.ID

Cara Budidaya Sawi Dengan Hasil Memuaskan

Cara Budidaya Sawi Dengan Hasil Memuaskan – Artikel kali ini akan membahas sawi,sawi yang biasa anda makan setiap harinya ternyata bermanfaat bagi tubuh dan kaya akan vitamin seperti vitamin A dan asam askrobat (vitamin C). Bukan hanya itu sawi merupakan jenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan seperti nasi goreng capcay dll. Banyak juga khasiat sawi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti menghilangkan rasa gatal ditenggorokan pada penderita batuk dan menyembuhkan penyakit kepala dan pencernaan.

cara budidaya sawi hidroponik

Tanaman sawi merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tinggi dengan ketinggian 100-500 meter dpl. Tanaman ini juga tahan terhadap air hujan sehingga panen bisa dilakukan sepanjang tahun. Tapi apabila anda bisa mendapatkan hasil panen yang terbaik anda harus menata drainase kebun dengan baik. Banyak tahap yang harus dilakukan berikut tahap tahap menanam sawi dengan hasil yang memuaskan.

Menyiapkan Benih Sawi

Biji atau benih sawi bisa didapatkan ketika tanaman sawi dibiarkan sampai berbunga dan berbiji. Untuk bisa menghasilkan benih sawi dibiarkan sampai lebih dari 70 hari sampai sawi menampakan bunganya setelah itu biji sawi bisa diambil dan dijemur sampai kering. Proses penjemuran bisa dilakukan 1-2 hari saat matahari terik.

Biji sawi bisa bertahan sampai 3 tahun apabila disimpan dengan baik. Caranya adalah dengan mensterilkan biji terlebih dahulu dengan cara direbus lalu disimpan dalam botol kaca yang sudah juga diseterilkan. Tutuplah botol dengan abu halus yang berfungsi untuk menjaga kelembapan serta membuat udara masuk ke dalam botol tersebut.

Penyemaian Benih Sawi

Untuk tahap penyemaian anda bisa merendam bibit sawi selama 2 jam dan biarkan dalam keadaan merata di atas media semai yang terdiri campuran pupuk kompos halus dan tanah. Berilah pelindung pada media semai agar tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung. Tutup media semai dengan menggunakan jerami sampai 2-3 hari biasanya tunas akan muncul pada usia tersebut.

Pada proses penyemaian ini anda harus rutin mengontrol kelembapan dan melakukan penyiraman secara teratur. Apabila bibit sudah berusia sekitar 2-3 minggu anda bisa memindahkannya pada lahan tanam.

Mengolah Tanah dan Teknik Menanam Sawi

Pada tahap ini anda harus menyiapkan lahan untuk memindahkan tanaman sawi. Oleh karena itu itu anda harus membajak lahan tersebut agar tahan menjadi gembur. Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 1 meter dan tinggi 20-25 cm. Panjang bendengan bisa disesuaikan dengan lahan yang ada. Setelah itu anda bisa memberikan pupuk pada lahan setiap 1 hektar lahan bisa ada berikan pupuk sebanyak 20 ton untuk jenis pupuk yang diberikan adalah pupuk kompos lalu biarkan sampai 3 hari.

Setelah anda menyiapkan lahan bibit yang sudah melalui proses penyemaian dapat dipindahkan di lahan tersebut. Cukup dengan 3-4 helai daun kemudian tanam di atas bedengan beri jarak sekitar 10-15 cm untuk mempertahankan kelembapan siramlah secara teratur.

Perawatan Sawi

Perawatan tanaman sawi dengan menyiraman secara rutin apabila matahari bersinar terik anda bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Sebaliknya anda cukup menyiramnya pada waktu sore hari jika tidak terlalu terik. Lakukan juga penyulaman untuk mengganti tanaman yang layu agar tanaman tumbuh dengan optimal.

Sedangkan untuk menghilangkan tanaman pengganggu, anda bisa melakukan penyiangan. Penyiangan bisa dilakukan setelah berusia satu minggu. Tips untuk anda supaya tanaman sawi anda tercegah terhadap penyakit atau hama adalah dengan menyiramkan larutan nabati yang terbuat dari kipait dan gandung yang dicampur oleh putih telur. Kemudian semprotkan pada tanaman.

Panen Tanaman Sawi

Tanaman sawi biasanya bisa dipanen ketika berusia 20 hari setelah bibit dipindahkan. 1 hektar lahan biasanya bisa menghasilkan sekitar 20 ton sawi. Cara memanennya dengan cara mencabutnya dan mencucinya untuk membersihkan bagian akar dari lumpur.

Demikianlah artikel yang membahas cara budidaya sawi serta tahap tahapnya. Bagaimana tertarik mencobanya sendiri?

Baca juga : Cara Menanam Jahe Merah Dengan Polybag

One thought on “Cara Budidaya Sawi Dengan Hasil Memuaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *