Berkebun.ID

Cara Dan Teknik Menanam Timun Dengan Polybag Atau Pot

Cara Dan Teknik Menanam Timun Dengan Polybag Atau Pot – Timun merupakan jenis tanaman yang sering banyak digunakan sebagai lalapan. Tanaman ini juga banyak dibudidaya oleh masyarakat ataupun petani. Timun juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan kulit. Maka dari itu banyak juga masyarakat yang menanam tanaman timun sendiri menggunakan polybag atau pot.

Cara penanaman ini selain juga mudah, dalam teknik menanamnya anda tidak perlu memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya. Pada kali ini artikel ini akan membahas bagaimana cara dan teknik menanam timun dengan polybag atau pot. Berikut langkah-langkahnya.

cara dan teknik menanam timun

Langkah Menanam Timun

Menentukan Lokasi

Tanaman timun akan tumbuh optimal pada tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari. Anda bisa menggunakan pekarangan rumah anda untuk proses menanamnya dengan polybag.

Mempersiapkan Media Tanam

Untuk mendapatkan hasil yang baik tanah subur sangatlah penting bagi tanaman timun tersebut. Anda harus membuat tanah subur dahulu lalu. Anda bisa menyiapkan polybag dengan ukuran 2 sampai 5 kg, lalu isikan polybag dengan tanah tersebut. Siapkan juga pupuk kompos untuk proses media tanam.

Penyemaian

Setelah anda menyiapkan media tanam, selanjutnya anda bisa melakukan proses penyemaian untuk mendapatkan hasil panen yang bagus. Proses penyemaian bisa anda lakukan dengan merendam terlebih dahulu benih timun selama 15 menit. Selama perendaman benih yang mengambang sebaiknya dibuang. Benih mengambang menandakan bahwa benih tersebut tidak bagus.

Setelah direndam selama 15 menit, rendam kembali benih selama sehari lalu pindahkan benih ke dalam kain yang sudah dibasai dengan air lalu biarkan lagi selama 12 jam. Pindahkan benih ke dalam polybag kecil berukuran 1 ons yang telah diisi media tanam berupa tanah dan pupuk kandang sirami benih secara rutin. Ciri benih yang siap untuk dipindahkan adalah tumbuh daun pada benih tersebut.

Proses Penanaman

Anda harus memasang lanjaran pada samping kiri dan kanan untuk digunakan sebagai media merambat pada tanaman tersebut. Tidak lupa pindahkan juga tanaman timun ke polybag yang berukuran lebih besar.

Perawatan Pada Tanaman Timun

Perawatan timun meliputi beberapa teknik yaitu penyiraman, penyulaman, penyiangan beserta pemupukan untuk penyiraman. Siramlah tanaman secara rutin dan secukupnya, jangan sampai timun kekeringan dan jangan sampai kebanyakan air. Tanaman mudah mati apabila tanaman terlalu banyak kandungan air.

Pemanenan Timun

Pada usia 35 sampai 40 hari setelah pemindahan tanaman timun sudah bisa dipanen.

Bagaimana anda tertarik mencobanya? Selamat mencoba.

Baca juga : Cara Menanam Terong Yang Baik Dan Benar

One thought on “Cara Dan Teknik Menanam Timun Dengan Polybag Atau Pot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *