Berkebun.ID

Cara Menanam Bawang Merah Dengan Metode Hidroponik

Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Lahan Atau Dengan Cara Hidroponik – Tidak semua tanaman yang menggunakan teknik hidroponik identik dengan tanaman sayuran daun, padahal tidak demikian. Memang tanaman yang berjenis sayuran daun memang banyak yang menggunakan teknik hidroponik karena dikenal hemat dalam perawatannya dan tidak perlu memakai lahan luas untuk menanamnya. Kali ini artikel ini akan membahas cara menanam bawang merah yang ditanam dengan metode hidroponik sistem wick dan tahap tahap penting untuk menghasilkan bawang merah yang berkualitas dan siap untuk dipanen.

cara menanam bawang merah

Alat Dan Bahan Yang Digunakan

  • Hunting atau cutter
  • Kain flanel
  • Media tanam (arang sekam atau cocopeat)
  • Tandon nutrisi (bisa menggunakan toples bekas dan botol)
  • Pot
  • Bibit bawang merah
  • Air
  • PH meter
  • TDS meter

Mempersiapkan Pot

Langkah yang kedua dalam menanam bawang dengan metode hidroponik adalah mempersiapkan tandon dan pot untuk menempatkan bibit bawang yang akan di tanam. Tahap ini tandon dan pot akan disesuaikan dengan ukuran toples kemudian lubangi tutup toples, ukuran lubang yang sudah dilubangi disesuaikan dengan pot yang telah tersedia.

Pada bagian samping toples buatlah lubang udara dengan diameter kurang lebih 1cm, dilubang udara tersebut dibuat sedikit agak rendah diposisi bawah pot. Gunakan kain flanel dan gunting untuk dipasang pada pot tersebut, selanjutnya tinggal memasukkan tanaman bawang ke dalam pot. Cat bagian toples dan tandon agar tidak ditumbuhi lumut dan tidak tembus cahaya.

Mempersiapkan Media Tanam

Langkah yang ketiga adalah mempersiapkan media tanam biasanya dalam metode hidroponik bisa menggunakan arang sekam atau cocopeat. Bisa juga mencampurkan arang sekam dan cocopeat dengan pebandingan 1:1 sebelum media tanam dimasukkan ke dalam pot masukkan sumbu atau kain flanel tadi terlebih dahulu lalu masukkan media tanam ke dalam pot.

Persiapan Bibit Bawang Merah

Langkah yang keempat adalah mempersiapkan bibit bawang merah yang akan ditanam dalam memilih bibit yang bagus adalah bibit bawang dengan ciri ciri warna umbi mengkilat padat dan usahakan menggunakan umbi bawang merah yang sudah ada calon akarnya. Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja, kurang lebih seperlima dari ukuran umbi bawang yang akan dijadikan bibit bawang.

Menanam Bibit Bawang Merah

Langkah yang kelima kini saatnya menanam bibit bawang merah. Caranya dengan membenamkan setengah bagian umbi ke media tanam media tanam terlebih dahulu. Disiram menggunakan air biasa (air tanpa nutrisi), lalu tanam bibit bawang merah ke media tanam dan letakkan ditempat teduh selama 3 sampai 4 hari sampai tunas bawang merah keluar. Isi tandon dengan larutan nutrisi ab mix jika tunas sudah tumbuh kurang lebih 1 cm, kemudian letakkan bibit tersebut di lahan yang terkena sinar matahari.

Kebutuhan Nutrisi dan PPM Serta PH Pada Bawang Merah

Langkah yang keenam adalah mengetahui nutrisi pada bawang merah. Nutrisi pada bawang merah yang ditanam dengan metode hidroponik berbeda beda setap tahap pertumbuhannya. Semakin tua usia tanaman semakin tinggi juga nutrisinya. Berikut nutrisi bawang merah hidroponik dari awal sampai panen:

  • Awal tanam (terhitung sejak bibit memiliki tunas kurang lebih 1 cm) = 400ppm
  • PH ideal untuk tanaman bawang merah adalah 5,5-6,5
  • Pada minggu kedua = 800ppm
  • Minggu ketiga = 1000ppm
  • Pada minggu keempat = 1000ppm
  • Minggu kelima = 1000ppm
  • Pada minggu keenam dan seterusnya = 1200ppm

Perawatan Bawang Merah Hidroponik

Langkah terakhir adalah perawatan atau pemeliharaan tanaman bawang merah. Bagian terpenting dalam perawatan tanaman bawang merah adalah menjaga ph air tetap stabil dan kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi dan mengecek secara berkala larutan nutrisi pada tandon. Jangan sampai kekeringan dan kehabisan cek juga kandungan ppm yang seuai dengan usia tanaman tersebut.

Disarankan untuk menggunakan ph meter untuk mengecek ph air agar ph tetap stabil. Bawang bisa dipanen apabila usia 60-65 atau ketika daun daunnya sudah menguning dan rebah. Tanaman yang sudah berusia tua biasanya bisa digunakan sebagai bibit dengan dijemur diterik matahari sampai kering.

Banyak yang menggunakan teknik penanaman ini dikarenakan sangat minim dalam segi perawatan dan pemeliharaan dan hanya memperhatikan intensitas cahaya matahari dan air sekian dari artikel yang membahas cara menanam bawang merah dengan metode hidroponik.

Baca juga : Cara Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar


One thought on “Cara Menanam Bawang Merah Dengan Metode Hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *