Berkebun.ID

Cara Menanam Buah Naga Sendiri Pada Pot

Cara Menanam Buah Naga Sendiri Pada Pot – Tanaman Buah naga yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan banyak digemari oleh banyak masyarakat dan bermanfaat juga bagi tubuh. Antioksidan dalam kandungan buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan membantu mengeluarkan racun penyebab kanker. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menanam buah naga sendiri di rumah dengan pot dan dengan biaya yang super murah. Selain itu tanaman buah naga juga bisa menghiasi rumah anda dan dapat anda pindah-pindah sesuai keinginan. Langkah langkah yang harus anda lakukan untuk menanam tanaman buah naga ini di pekarangan rumah.

untuk cara menanam buah naga di pot
cara menanam buah naga di pot

Menyiapkan Pot

Hal yang pertama untuk melakukan penanaman adalah menyiapkan pot untuk sebagai wadah bibit buah naga. Untuk pemakaian pot bisa anda memakai pot bekas atau drum bekas yang dipotong. Akan tetapi yang paling ideal adalah memakai pot dari tanah liat. Mengapa? Karena tanaman buah naga mengalami pembungaan pada saat perubahan suhu drastic dari siang ke malam. Ukuran pot yang digunakan semakin besar semakin baik, kira kira berdiameter 40 cm.

Menyiapkan Tiang Panjatan

Tahap kedua ini sangatlah penting dikarenakan akar akar dari tanaman tersebut akan merambat dan menyabang di sekitar tiang tersebut. Disarankan untuk memilih bahan yang kuat untuk tiang tersebut seperti besi beton berdiameter 8-10 cm. Bisa juga menggunakan kayu balok yang kuat tahan lama dikarenakan tanaman buah naga bisa mencapai umur sampai puluhan tahun.

Tinggi tiang panjatan antara 150 sampai 200 cm atau disesuaikan ukuran pot. Ini bertujuan agar tiang tidak mudah goyah berikan kaki kaki penguat untuk tiang agar benar benar kuat. Khusus untuk tiang dari besi beton bagian yang terpendam dalam tanah bisa diberi aspal untuk menghindari agar tidak terjadinya karat pada tiang. Berilah piringan di bagian atas tiang untuk menyangga cabang cabang produksi yang banyak pada tanaman buah naga.

Media Tanam

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Bahan untuk media tanam adalah pasir tanah dan pupuk kompos maupun kandang dengan perbandingan 2:1:3:1. Bisa juga anda menambahkan bubuk batu bata dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 gr dengan dicampur bahan bahan yang sebelumnya. Siramlah media tanam dengan air sehingga kondisi jenuh dan biarkan sehari semalam.

Penanaman Bibit

Tahap selanjutnya penanaman bibit dalam penanaman bibit ini anda sebaiknya memilih bibit yang besar dari batang tua yang sudah berwarna hijau tua keabuan dan beban penyakit panjang bibit yang ditanam sebaiknya 30 cm dan ditanam dengan kedalaman sekitar 10 cm di sekitar tiang panjatan. Bibit yang ditanam terlalu dalam akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman tersebut akan kurang bagus. Pastikan bibit kuat dan tidak mudah roboh. Pada saat penanaman lakukan penekanan pada media tanam agar memastikan bibit benar benar kuat letakkan bibit bibit di tempat terbuka yang terkena langsung sinar matahari dan siram dengan air.

Pemeliharaan Tanaman

Dalam pemeliharaan tanaman buah naga yang ditanam dalam pot tidak beda jauh dengan tanaman buah naga yang ditanam di lahan terbuka ataupun di kebun. Cukup melakukan penyiraman pemupukkan dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan. Hal yang terpenting dalam pemeliharaan adalah tanaman tidak roboh dan pastikan menempel pada tiang panjatan.

Perlu dilakukan pengikatan tambahan pada batang buah naga menggunakan tali atau kawat. Disarankan tidak terlalu kencang untuk pengikatannya agar tidak merusak batang atau cabang yang akan semakin besar pertumbuhannya.

Pemanenan Buah Naga

Tahap yang terakhir adalah melakukan pemanenan buah naga. Sekitar 10 sampai 12 bulan buah naga biasanya akan berbuah dan siap di panen buah. Buah yang siap dipanen mempunyai ciri ciri berwarna merah mengkilap dan warna hijau sudah tidak tampak pada buah naga tersebut.

Bagaimana cukup mudah bukan cara menanam buah naga sendiri? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah

Baca juga : Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Lahan atau Dengan Cara Hidroponik



One thought on “Cara Menanam Buah Naga Sendiri Pada Pot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *