Berkebun.ID

Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Pot

Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Pot – Siapa yang tak kenal bunga anggrek? Bunga yang terkenal dan paling digemari oleh sebagian besar pecinta tanaman hias ini sering dan banyak dijual di pasaran karena banyak nya permintaan konsumen yang dapat menambah keindahan pekarangan rumah. Kali ini kami akan membahas cara menanam bunga anggrek dengan media pot dan tahap tahap yang harus dilakukan. Banyak yang kurang memahami bagaimana cara menanam bunga anggrek yang baik sehingga menanam bunga anggrek dengan pot dianggap susah dan tanaman tidak dapat bertahan lama. Berikut cara dan tahap yang harus dilakukan dalam menanam bunga anggrek.

cara menanam bunga anggrek
cara menanam bunga anggrek

Menentukan Bibit

Dalam menentukan bibit bunga anggrek anda harus menentukan dulu jenis verietas bunga anggrek yang akan anda tanam. Pilihlah dengan varietas yang terbaik agar bunga tumbuh dengan baik dan sempurna. Banyak jenis varietas yang biasanya dibudidayakan oleh masyarakat berikut jenis jenis nya.

  • Anggrek Cattelya yang eksotis
  • Bunga Anggrek Dendrodium anggrek yang terpasuk populer dikalanagan masyarakat
  • Anggrek Grammathopilum anggrek raksasa dari papua
  • Bunga Anggrek Oncidium jenis ini yang populer adalah jenis Golden Shower
  • Anggrek Phalaenopsis atau Jenis anggrek bulan
  • Bunga Anggrek Vanda atau anggrek potong
  • Anggrek Spathipyllum

Langkah selanjutnya apabila anda sudah memilih jenis varietas bunga anggrek tersebut. Anda harus memilih bibit unggulan dari varietas yang anda pilih.

Mempersiapkan Media Tanam

Setelah memilih varietas bunga anggrek, waktunya anda mempersiapkan media tanam bagi bibit bunga anggrek tersebut. Siapkan pot dengan berukuran sedang isi pot dengan media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk kandang yang sudah difrementasikan, arang, kulit kelapa, sabut kelapa, serta pecahan batu bata.

Susun media tanam dengan pecahan batu bata diletakkan di bagian bawah disusul dengan batok dan sabut kelapa. Lalu masukkan tanah dan pupuk kandang diatasnya pada proses peletakan pada media tanam sangat penting supaya agar dalam penyiraman air tidak tergenang pada dasar pot.

Tahap Menanam

Setelah proses diatas selesai anda bisa meletakkan bibit bunga anggrek diatas media tanam yang telah disiapkan. Tutuplah bibit dengan abu hingga batas pangkal batang bibit anggrek. Tanamlah bunga anggrek pada pagi hari sebelum jam 8 agar anggrek tidak mudah layu. Siramlah secara rutin untuk menjaga kelembapan tanaman anggrek

Tahap Pemeliharaan

Dalam memelihara bunga anggrek lebih mudah apabila anggrek ditanam dengan media pot dengan menggunakan media tanam. Bunga anggrek lebih cocok dengan kondisi yang lembab maka dari itu anda harus menyiramnya secara rutin untuk menjaganya juga dari kelembapannya. Untuk teknik menyiramnya anda cukup menyiram di sekitar pot tersebut. Jangan sampai mengenai tanaman tersebut agar tidak lekas layu, penyiraman dilakukan pada setiap pagi.

Demikian cara menanam bunga anggrek dengan media pot anda bisa mencobanya sendiri dirumah semoga bermanfaat

Baca juga : Cara Membudidaya Tanaman Pepaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *