Berkebun.ID

Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Dan Benar – Bunga matahari yang hanya dapat tumbuh semusim ini banyak disukai oleh masyarakat karena bentuknya yang unik dan warna yang indah dapat menghiasi pekarangan rumah. Tidak hanya sebagai bunga hias, bunga matahari ini banyak dibudidaya untuk produksi kwaci pakan ternak dan produksi minyak bunga matahari. Zat yang terkandung pada bunga matahari juga sangat bagus untuk kesehatan. Maka dari itu bunga matahari masih tergolong mahal dalam penjualan bunga hias karna proses penanamannya terjadi hanya semusim. Kali ini kami akan mengulas bagaimana cara menanam bunga matahari dengan baik dan benar serta teknik tekniknya. Berikut cara caranya.

cara menanam bunga matahari
cara menanam bunga matahari

Penyemaian Biji Bunga Matahari

Sebelum memulai proses penyemaian biji bunga matahari hendaknya anda memilih jenis jenis biji bunga matahari dahulu. Berikut jenis jenisnya:

  • Mammoth
  • Autumn beauty
  • Sunbeam
  • Teddy bear
  • Lemon queen
  • Velvet queen
  • Evening sun

Jenis mammoth mempunyai bentuk yang berbeda dari jenis jenis biji lainnya. Mammoth mempunyai bentuk lebih besar dan tinggi sekitar 2 meter lebih dengan diameter bunga 15 cm. Jenis velvet queen warna bunga matahari berwarna merah dan banyak keunikan lainnya dengan jenis biji yang berbeda. Untuk proses penyemaian sebelumnya anda menyiapkan media tanam terlebih dahulu yang terdiri dari tanah gembur dengan campuran pupuk kandang. Gunakan polybag sebagai wadah dalam proses penanaman.

Cara menanamnya tanam biji bunga matahari dengan posisi terbalik dengan bagian tang terlihat runcing dibawah tanam biji hingga ujung tumpul terlihat hanya sedikit. Lalu siramlah biji secara rutin pada saat pagi dan sore hari. Biji akan berkecambah pada saat hari ke 3 sampai 4 hari. Pada hari ke 7 sampai 10 daun sudah mulai tumbuh 2 sampai 3 helai dengan tinggi 5 sampai 7 cm. Ciri ciri tersebut menandakan bahwa biji sudah dapat dipindahkan ke dalam pot.

Penanaman Bibit Bunga Matahari

Pilihlah lokasi yang cocok untuk tempat penanaman bunga matahari, tanaman matahari perlu sinar matahari penuh dan tanah yang bersuhu hangat dan subur. Kadar PH yang disukai oleh tanaman bunga matahari sekitar 6 sampai 7,2. Setelah menentukan lokasi tanaman, selanjutnya anda membuat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 50 cm. Isi lubang sebagian dengan tanah yang gembur lalu campurkan pupuk kandang dengan dosis perbandingan 1:1.

Ambil bibit matahari beserta media tanamnya pindahkan bibit tersebut ke pot yang baru tutupi dengan media tanam hingga menutupi pangkal batang sekitar 1 sampai 2 cm. Berilah jarak antar tanam sekitar 1 meter apabila anda menanam lebih dari satu. Lubangi pot pada bagian bawah hal ini bertujuan agar sistem drainase berjalan dengan baik. Berilah mulsa berupa dedaunan kering diatas permukaan pot untuk menjaga kelembapan pada tanaman tersebut.

Perawatan Bunga Matahari

Proses perawatan matahari yang pertama anda harus melakukan pemupukan. Pemupukan bisa dilakukan pada saat usia tanaman matahari sekitar 1 sampai 2 bulan. Tambahkan pupuk NPK sebanyak 25 sampai 30 gram per batang. Anda juga bisa memberikan pupuk ZA per batang pada umur tanaman mencapai 1 bulan dan pupuk TSP per batang saat berumur 1,5 bulan.

Bunga matahari akan muncul ketika tanaman berusia 3 bulan satu tanaman menghasilkan 10 sampai 12 tangkai bunga. Anda juga bisa mempertahankan bunga matahari diujung batang agar bunga matahari sesuai dengan anda inginkan. Buatlah ajir atau batang bambu untuk menopang batang tanaman bunga matahari agar tidak roboh karna tanaman akan terus tumbuh sampai tinggi batang sekitar 1 meter.

Siramlah secara rutin setiap hari pagi dan sore tapi apabila musim penghujan kurangi penyiraman. Tanaman akan menjadi coklat setelah melalui proses berbunga dan akan menghasilkan biji matahari. Tutuplah bunga dengan paper bag apabila biji digunakan lagi untuk bibit ataupun kwaci. Penutupuan bunga bertujuan untuk mencegah burung atau hewan lainnya yang biasanya memakan biji matahari.

Demikian cara menanam biji bunga matahari yang baik dan benar tertarik mencobanya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *