Berkebun.ID

Cara Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar – Salah satu bumbu masakan yang wajib ada di masakan indonesia adalah cabe. Dimana bahan itu wajib ada didalam dapur dan salah satu bahan utama pembuatan sambal. Makan tanpa menggunakan cabe serasa belum merasakan nikmatnya makan dan keseruan sensasi pedas dari sambal bagaimana jika Anda penggemar cabe? Apakah Anda tau cara menanam cabe yang baik dan benar?

cara menanam cabe yang baik dan benar

Teknik Menanam Cabe Yang Benar

1. Bibit Cabe

Memilih bibit cabe berkualitas adalah hal yang pertama yang harus dilakukan. Pilihlah bibit cabe yang masih segar dan tidak lupa Anda bisa mengelupas cabe dan mengeluarkan bijinya lalu jemurlah biji cabe di terik matahari sampai mengering

2. Semaian Cabe

Langkah kedua adalah melakukan penyemaian bibit cabe. Salah satu penyamaian yaitu menggunakan polybag atau dengan menggunakan media bedengan cara kedua penyemaian ini sama sama bagus untuk sarana penyemaian bibit cabe. Jika menggunakan media bendengan maka Anda bisa membuat bendengan semaian,lalu berikan pupuk kompos ke dalam bendengan kemudian taburkan bibit cabe.

Berikan gulma yang telah kering untuk menutup bagian atas untuk mencegah air langsung masuk ke bibit cabe. Agar tetap lembab siram air ke bendengan diatas gulma kering dan tunggulah hingga bibit mengeluarkan 4 helai daun agar bisa dipindahkan ke lahan.

3. Lahan Cabe

Langkah ketiga bersihkan lahan dari gulma atau rumput liar yang untuk digunakan menanam cabe.ukuran lahan cabe sekitar lebar 1 sampai 1,5 meter dengan ketinggian bedengan kira kira 30 cm jarak antara bendeng yaitu 30 cm berikan jarak lubang satu dengan yang lain sekitar 40 sampai 60 cm jika Anda tidak memiliki lahan yang begitu luas Anda bisa menggunakan polybag.

4. Masa Penanaman

Masa penanaman yang paling baik untuk tanaman cabe adalah ketika curah hujan rendah. Hal ini penting apabila curah hujan tinggi tanaman akan terendam air dan membuat tanaman cabe mati. Menyiramnya setiap hari penting untuk menjaga tanahnya agar tetap lembab.

5. Pemupukan

Langkah ke lima adalah pemupukan,pemupukan bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang, tapi bila menanam cabe secara organik Anda dapat menggunakan pupuk kompos atau dengan TSP urea secukupnya.

6. Perawatan

Langkah yang keenam adalah perawatan,untuk perawatan tanaman cabe cukup disiram setiap hari untuk menjaga tanah agar tetap lembab dan lakukan pembersihan lahan seperti gulma ataou rumput kering yang tumbuh sekitar tanaman cabe. Agar lebih optimal dalam pertumbuhan tanaman cabe tersebut cabut daun yang sudah menguning dan tidak lupa berikan pupuk secara rutin.

7. Panen

Langkah yang terakhir adalah melakukan panen. Lakukan panen ketika cabe telah tumbuh dengan sempurna dan kondisi buahnya telah masak dan tentunya segar.

Demikian cara menanam cabe yang baik dan benar, hingga menghasilkan buah cabe yang masak dan segar Anda bisa mencobanya sendiri dirumah ataupun di ladang Anda sendiri. Selamat mencoba.

One thought on “Cara Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *