Berkebun.ID

Cara Menanam Dan Budidaya Anggur Di Pekarangan Rumah Sendiri

Cara Menanam Dan Budidaya Anggur Di Pekarangan Rumah Sendiri – Buah yang memiliki rasa yang khas ini banyak disukai banyak orang banyak juga dibudidayakan karena banyaknya permintaan pasar yang tinggi. Disisi lain juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan bagi pembudidaya anggur karena harganya yang bisa dibilang mahal. Artikel kali ini akan membahas cara menanam dan budidaya anggur yang harus dilakukan pada saat menanamnya berikut tahap tahapnya.

cara menanam dan budidaya anggur

Mempersiapkan Bibit Anggur

Untuk membuat bibit anggur, anda dapat membuatnya sendiri dengan mencangkok pohon anggur yang memiliki kualitas yang bagus dan tidak penyakitan. Tekniknya proses pencakokannya, upayakan batang anggur berdiri tegak untuk mempermudah proses penanaman untuk masa waktu pencangkokan kira kira 6-7 bulan. Setelah melakukan proses pencangkokan siapkan alat penyangga supaya pohon anggur yang tumbuh tidak akan roboh, tiang penyangga disesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah itu campurkan dengan media tanam yang terdiri dari tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:2. Untuk teknik penanaman, anda bisa membuka plastik cangkok dan buatlah lubang pada bagian pot lalu letakkan hasil cangkokan tersebut ke dalam pot. Dalam kurung waktu 3 minggu sebaiknya taruh bibit anggur di tempat yang sejuk penempatan ini merupakan tahap pertama pada penanaman. Siramlah secara rutin.

Perawatan Pada Anggur

Perawatan tanaman anggur ini anda bisa melakukan penyiraman intensif sebanyak dua kali sehari pada saat pohon anggur berusia lebih dari 3 bulan. Pemberian pupuk juga sangat penting pada proses perawatan tanaman anggur agar nutrisi pada pohon anggur tersebut tetap terjaga. Anda bisa memberikan pupuk berjenis NPK dengan campuran pupuk kandang pemberian pupuk diberikan biasanya pada saat pohon anggur berumur 10 hari sampai 6 bulan dengan porsi yang sesuai.

Setelah umur pohon anggur mencapai 1.5 tahun, anda bisa mencampurkan pupuk kandang dengan pupuk sebelumnya. Berikan juga pupuk yang berjenis KCL saat tanaman berusia 2 tahun untuk menjaga nutrisi tanaman tersebut. Selain penyiraman dan pemupukan, pohon anggur juga perlu perawatan lainnya seperti pemangkasan. Pemangkasan sangat penting dalam proses perawatan karena berpengaruh pada munculnya buah tersebut. Tunas baru akan tumbuh jika ranting pohon anggur ditebang pada proses bersamaan buah akan muncul dan siap dipanen.

Anda tertarik mencoba cara menanam dan budidaya anggur sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *