Berkebun.ID

Cara Menanam Daun Bawang Dan Tahapnya

Cara Menanam Daun Bawang Dan Tahap Tahap Yang Harus Dilakukan – Makanan khas Indonesia banyak yang menggunakan bahan daun bawang untuk sebagai penambah citra rasa dari berbagai masakan Indonesia. Banyak juga permintaan pasar yang tinggi pada tanaman bawang ini. Tanaman ini juga lebih mudah ditanam dari pada tanaman sayuran yang lainnya. Kali ini kami akan membahas tanaman daun bawang serta cara menanam daun bawang dan tahap yang harus dilakukan.

cara menanam daun bawang dan tekniknya

Menyiapkan Bibit Daun Bawang

Siapkan bibit yang sehat dan yang sudah tua. Ciri ciri tanaman daun bawang yang sudah tua adalah terdapat pada batang bawang. Apabila batang bawang sudah tipis berarti daun bawang tersebut sudah tua dan siap diambil bibitnya.

Mempersiapkan Media Tanam

Untuk menyiapkan media tanam, anda perlu menyiapkan minimal 2 sampai 3 minggu sebelum mulai menanam tanaman tersebut. Tujuan memberi waktu jeda untuk media tanam untuk memuaikan racun yang dapat menimbulkan penyakit pada tanaman tersebut. Sebab tanaman daun bawang mudah terserang penyakit seperti bercak daun yang lama kelamaan akan menjadi layu dan mati. Bahan media tanam untuk media tanam adalah berupa pupuk kandang dan pupuk kompos dengan perbandingan dosis media tanam 50 pupuk kompos dan 50 tanah tanaman daun bawang akan lebih optimal apabila menggunakan pupuk kompos yang sudah difrementasikan dengan baik. Ada beberapa jenis pupuk kompos yang bisa anda gunakan:

  • Pupuk kompos jerami
  • Kompos serbuk grajen
  • Pupuk kompos bekas media tanaman jamur
  • Kompos limbah dapur
  • Pupuk kompos dedaunan

Anda juga bisa menggunakan pupuk kasing. Pupuk kasing adalah pupuk yang berjenis pupuk kompos yang berasal dari ternak cacing tanah. Pupuk kasing mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tanaman daun bawang. Diamkan media tanam selama 2 sampai 3 minggu sebelum melakukan proses penanaman daun bawang.

Cara Menanam Daun Bawang

Cara untuk menanamkan bibit bawang anda tinggal memasukkan bibit daun bawang ke dalam media tanam sedalam 5 cm lalu tutup kembali dengan tanah. Siramlah tanaman secara rutin dan secukupnya.

Perawatan Secara Intensif

Untuk perawatan tanaman daun bawang anda bisa menyiramya secara rutin. Lakukan penyiraman 2 kali sehari pagi dan sore saat musim kemarau dan siramlah sekali pada musim penghujan.

Waktu Panen

Tanaman bawang daun dapat dipanen jika sudah berusia 2 hingga 2,5 bulan.

Untuk cara menanam daun bawang sangatlah mudah daripada menanam sayuran lainnya. Begitupun perawatannya dengan menyiramnya secara rutin. Demikianlah tahap menanam daun bawang. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Menanam Bayam Dengan Teknik Hidroponik

One thought on “Cara Menanam Daun Bawang Dan Tahapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *