Berkebun.ID

Cara Menanam Jahe Merah Dengan Polybag

Cara Menanam Jahe Merah Dengan Polybag – Artikel kali ini akan membahas tahap tahap menanam jahe merah dengan polybag yang menggunakan teknik vertikultur metode ini sangat bagus untuk keadaan sekitar yang tidak memeiliki lahan yang luas. Hal ini tentu terbilang praktis dan efisien karana tanaman jahe ini pun mudah dalam perawatannnya.

Menanam jahe dengan metode vertikultur diawali dengan membuat dan menyusun media tanam agar tidak memakan banyak tempat selain media tanam anda harus menyiapkan media lainnya seperti polybag sebagai wadah. Berikut tahap tahap yang harus dilakukan untuk menanam jahe merah ini.

Cara Menanam Jahe Merah

Mempersiapkan Media Tanam

Anda bisa menggunakan media tanam dari tanah pasir dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1. Sebagai wadahnya, anda bisa menggunakan polybag atau bisa juga karung bekas untuk menghemat biaya. Tips jika lahan terlalu mengandung zat asam maka sebaiknya ditambahkan kapur pertanian (dolomit) supaya PH tanah menjadi netral.

Mempersiapkan Bibit Jahe Merah

Langkah berikutnya setelah media tanam siap adalah memilih bibit ungulan jahe merah agar hasil mendapankan hasil maxsimal pada panen nanti. Berikut ciri ciri bibit yang baik dan siap untuk ditanam:

  • tanaman jahe yang sudah berumur tua
  • bebas dari penyakit
  • berwarna cerah serta tidak ada luka

Setelah anda menyeleksi bibit bibit tersebut rendam bibit jahe merah dalam larutan fungisida selama 15 menit. Fungsi merendam bibit di dalam larutan fungisida adalah untuk mencegah penyakit akibat jamur dan bakteri menyerang dan menyebabkan kebusukan.

Penyemaian Bibit Jahe Merah

Pada tahap penyemaian jauhkan bibit jahe merah pada sinar matahari langsung serta suhu yang lembab diperlukan untuk memaksimalkan proses penyemaian. Berilah alas dari jerami dan tutup juga dengan jerami diatasnya. Agar bibit jahe merah tetap terjaga lakukan penyiraman dikit demi sedikit untuk menjaga kelembapannya. Tunas akan tumbuh jika sudah mencapai umur 2 minggu. Anda bisa bisa memindahkannnya apabila tunas benar benar keluar.

Cara Atau Teknik Menanam Setelah Penyemaian

Setelah anda melakukan penyemaian dan sudah dipindahkan ke dalam media tanam yang sudah disiapkan tancapkan 3-5 rimbang pada media tanam polybag. Cara menanamnya dengan posisi mata tunas diatas dengan posisi berdiri. Setelah itu uruk tanah 3-5 cm kemudian tutup dengan jerami kering. Tempatkan bibit di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan siramlah bibit dengan air secukupnya lakukan bertahap hingga daun keluar.

Pemeliharaan Jahe Merah

Untuk proses pemeliharaan jahe merah anda bisa menyiramannya secara rutin khususnya setiap sore sampai mencapai usia 0-3 bulan untuk menjaga kelembapan. Lakukan juga penyiangan untuk bertujuan menghilangkan hama atau gulma yang dapat menyedot kandungan unsure hara tanah. Agar kandungan unsure tanah tetap terjaga, berikan pupuk organik pada usia 2 bulan dengan dosis kurang lebih 1/5 kapasitas dalam media tanam polybag tersebut. Lakukan pemupukan 3 kali untuk memaksimalkan pemanenan.

Cara Memanen Jahe Merah

Untuk hasil terbaik untuk panen baiknya anda memanen hingga umur jahe merah genap satu tahun. Hal itu penting agar memastikan jahe merah benar benar memerah dan berumur tua. Untuk cara memanennya anda bisa menyobek polybag dan ambil rimpang jahe merah tersebut.

Bagaimana anda tertarik untuk mencobanya? Demikianlah cara menanam jahe merah dengan media polybag.

Baca juga : Tips Budidaya Buah Tomat Berbuah Lebat

One thought on “Cara Menanam Jahe Merah Dengan Polybag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *