Berkebun.ID

Cara Menanam Kunyit Dengan Pot Yang Benar

Cara Menanam Kunyit Dengan Pot – Kunyit banyak dikenal sebagai tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai campuran obat herbal. Kunyit juga bisa digunakan sebagai bahan makanan atau bumbu yang bisa melezatkan citra rasa makanan. Banyak petani Indonesia telah membudidaya tanaman kunyit ini karena banyaknya permintaan pasar yang tinggi juga pada kunyit. Untuk menanam kunyit anda tidak perlu memerlukan lahan yang luas karena tanaman kunyit juga bisa ditanam melalui pot. Bahan yang harus anda siapkan dalam menanam kunyit adalah pot dan rimpang kunyit sebagai bibit. Berikut tahap tahap dalam menanam tanaman kunyit.

cara menanam kunyit

Menyiapkan Rimpang Kunyit

Rimpang kunyit akan digunakan sebagai bibit. Rimapang yang digunakan rimpang yang sudah berumur 7 sampai 12 bulan. Pecah rimpang tersebut menyisakan 1 hingga 3 mata tunas. Setiap pecahan rimpang akan dijadikan sebagai bibit. Letakkan pecahan rimpang di atas tampah lalu diamkan bibit sampai tunasnya tumbuh. Untuk menjaga kelembapannya simpanlah ke tempat yang lembab dan siramlah rimpang tersebut 2 kali sehari.

Menyiapkan Media Tanam

Siapkan juga media tanam yang terdiri dari pot yang berisi tanah dan pupuk untuk jenis pupuk gunakan pupuk kompos untuk perbandingannya sekitar 3:1 isi pot dengan media tanam sampai penuh.

Penyemaian Bibit Kunyit

Apabila rimpang kunyit sudah mulai tumbuh dan tunas muncul kira kira 3 cm anda sudah mulai bisa melakukan penyemaian. Untuk cara penyemaian dengan potong rimpang kunyit lalu tanam di dalam pot yang sudah berisikan media tanam. Tanam dengan kedalaman 5 sampai 8 cm lalu tutup kembali dengan tanah tidak lupa siram dengan air secukupnya.

Perawatan Tanaman

Parawatan dalam menanam kunyit bisa anda lakukan dengan menyiramnya secara rutin. Siramlah tanaman kunyit 2 kali sehari pada saat pagi dan sore hari. Semprotkan pestisida agar terhindar dari serangan ulat dan hama lainnya yang dapat merusak tanaman tersebut.

Pemanenan Kunyit

Kunyit dapat dipanen pada saat umur 8 sampai 18 bulan. Teknik dalam memanennya adalah dengan cara membongkar rimpang dengan garpu atau scrop sebelum dibongkar terlebih dahulu buang batang dan daun.

Demikian cara menanam kunyit di dalam pot, tertarik mencobanya? Anda bisa mencobanya sendiri dirumah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *