Berkebun.ID

Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Polybag


Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Polybag  – Lidah buaya dengan nama lain aloe vera dalam bahasa latin ini merupakan tanaman herbal yang banyak dijadikan bahan campuran produk industri sebab tanaman ini mempunyai banyak khasiat atau manfaat bagi tubuh kita. Tanaman lidah buaya mengandung berbagai zat seperti Polymannans, Mannans Asetat, dan Antrakulnon yang bermanfaat sebagai menetralisir racun dan meningkatkan imunitas tubuh serta dapat mengobati luka bakar, luka lebam dan luka dalam. Banyak juga masyarakat yang menanam tanaman lidah buaya sebagai pengobatan maupun sebagai tanaman hias. Kali ini kami akan mengulas bagaimana cara menanam lidah buaya sendiri dengan menggunakan polybag berikut tahap tahap yang harus dilakukan dalam menanam tanam lidah buaya.

cara menanam lidah buaya di polybag
cara menanam lidah buaya di polybag

Menyiapkan Polybag

Pertama anda harus menyiapkan polybag sebagai wadah dari tanaman lidah buaya. Pilihlah polybag dengan ukuran 20 cm.

Menyiapkan Media Tanam

Media tanam untuk tanaman lidah buaya ini menggunakan tanah kering yang terdiri dari pasir dan pupuk kandang lalu masukkan media tanam tadi ke polybag.

Cara Menanam

Cara menanam lidah sama seperti tanaman lainnya dan tidaklah sulit dalam penanamannya. Dengan cara mengambil anakan lidah buaya lalu tanam anakan tersebut ke dalam polybag. Tips untuk menanam lidah buaya dalam proses menanam hendaklah tidak terlalu dangkal agar tidak mengakibatkan tanaman roboh dan rusak.

Pemupukan

Pada proses selanjutnya, berilah pupuk pada tanaman lidah buaya agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Anda bisa menggunakan pupuk berjenis organik atau Npk. Untuk pemberian pupuk, anda bisa memberikan pupuk setiap dua minggu sekali dengan dosis 2 gr/polybag.

Penyiraman

Dalam penyiraman tanaman lidah buaya sebaiknya anda tidak terlalu sering menyiramnya. Apabila tanaman sering juga disiram makan akan menyebabkan pembusukan pada tanaman. Hal ini karena tanaman lidah buaya dapat menyimpan banyak air.

Penempatan

Lidah buaya lebih cocok ditempatkan tempat yang teduh dan masih terkena sinar matahari.

Panen

Tanaman lidah buaya dapat dipanen setelah usia tanaman berusia 6 bulan. Untuk teknik memanennya yakni dengan cara petik daun yang berada pada bagian luar menggunakan pisau.

Demikian cara menanam tanaman lidah buaya dengan menggunakan polybag anda bisa mencobanya sendiri dirumah. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *