Berkebun.ID

Cara Menanam Nanas Dalam Pot dan Tekniknya

Cara Menanam Nanas Dalam Pot dan Tekniknya – Buah nanas yang banyak tumbuh di kalangan musim tropis ini banyak dapat kita jumpai di daerah indonesia, dengan rasa yang manis dan asam buah ini biasanya dipakai sebagai campuran masakan atau dibuat jus. Selain enak buah nanas ini juga mengandung vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu banyak juga masyarakat yang menanam sendiri di pekarangan rumah dengan pot sehingga mudah untuk memanen sendiri di rumah. Kali ini Berkebun.id akan membahas bagaimana cara menanam nanas sendiri dengan pot. Berikut cara cara dan teknik menanam nanas sendiri di pekarangan rumah menggunakan pot.

cara menanam nanas di pot
cara menanam nanas di pot

Untuk menanam buah nanas memerlukan tahap tahap penting yang harus dilakukan agar buah tumbuh secara optimal ketika dipanen. Berikut tahap tahapnya.

Langkah Awal

Tahap pertama adalah mempersiapkan bibit dengan membeli buah nanas organik dengan kualitas yang baik. Untuk memilih buah nanas organik yang baik anda bisa perhatikan mahkota buah nanas yang baik dan tidak ada cacat fisik. Pastikan juga buah nanas dalam keadaan matang dan tidak busuk.

Tahap Kedua

Kedua adalah dengan memisahkan mahkota dan daging nanas, lakukan tahap pemisahan dengan cara memotong mahkota nanas dengan pisau. Setelah itu pastikan mahkota nanas tidak terdapat daging buah nanas yang tersisa hal ini agar mencegah tanaman nanas cepat busuk apabila masih terdapat daging buah nanas tersebut.

Proses Seleksi dan Pembersihan

Untuk tahap selanjutnya adalah menyeleksi mahkota buah yang tampak terlihat kering dengan cara memotongnya agar proses pertumbuhan berjalan dengan optimal.

Setelah menyeleksi mahkota buah selanjutnya adalah membersihkan bonggol nanas yang masih terdapat lendir yang di sebabkan oleh daging buah yang apat merusak tanman nanti. Setelah itu biarkan mahkota buah di tempat yang jauh dari sinar matahari selama 7 hari. Untuk menumbuhkan akar akar pada bonggolo nanas anda bisa merendamnya dengan air selama beberapa hari. Tidak lupa menusukkan menusukkan seperti tusuk gigi sebelum melakukan peroses perendaman agar mahkota tidak ikut terendam.

Siapkan Media Tanam

Sambil menunggu proses perendaman langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam dengan menyiapkan tanah yang sedikit agak asam agar nantinya tanaman bisa menyerap unsure hara pada tanah tersebut. Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah gembur yang sudah tercampur dengan pasir dengan perbandingan 3:1. Setelah itu anda bisa menyiapkan pot berukuran sedang yang sudah dilubangi dibagian bawahnya.

Untuk menunjang pertumbuhan tanaman anda bisa menambahkan batu bata atau kerikil dan arang di bagian bawah pot dengan memberikan jarak sekitar 2-3 cm untuk melancarkan sistem drainasenya. Setelah media tanam siap pindahkan media tanam ke dalam pot dan buatlah lubang di tengahnya agar nantinya menjadi tempat tanam bagi mahkota buah yang telah disiapkan.

Proses Penanaman

Tahap selanjutnya adalah dengan menanam mahkota buah nanas, tanam mahkota buah sampai bonggolnya benar benar tertanam. Setelah itu letakkan tanaman yang sudah ditanam tadi di bawah terik matahari. Lakukan juga perawatan seperti melakukan penyiraman secara rutin dengan menyiramnya 3 sampai 7 hari sekali. Jangan lupa lakukan juga pemupukan rutin dengan melakukan setiap 3 sampai 4 bulan sekali agar pertumbuhan buah nanas dapat optimal.

Panen

Tahap terakhir ialah melakukan pemanennan buah nanas. Nantinya akan dapat dipanen setelah umur nanas berusia 2 sampai 3 tahun. Ciri buah nanas yang sudah siap dipanen adalah dengan memperhatikan warna buah yang tampak terlihat berwarna kuning. Untuk melakukan pemanenan anda bisa memotong batang dengan menggunakan gunting ataupun pisau.

Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : Manfaat Pupuk NPK Phonska Bagi Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *