Berkebun.ID

Cara Menanam Seledri Organik Menggunakan Media Polybag

Cara Menanam Seledri Organik Menggunakan Media Polybag – Sayur seledri yang banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan ini banyak dibudidaya di daerah yang berlokasi tinggi selain itu daun seledri bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat sebab khasiatnya bermanfaat bagi tubuh. Untuk menanam tanaman ini perlu cara dan teknik agar tanaman sukses dalam pemanenannya. Sebab tanaman ini kurang tahan terhadap curah hujan tinggi.

cara menanam seledri organik di polybag
cara menanam seledri organik di polybag

Untuk menanam tanaman seledri ini memerlukan tanah yang gembur dan kandungan organik yang cukup dengan keasaman tanah PH 5,5 sampai 6,5. Kali ini akan kami akan membahas cara menanam seledri organik menggunakan media polybag. Berikut cara yang harus dilakukan dalam menanam seledri.

Cara Menanam Seledri

Dalam menanam seledri ada dua cara dalam penanamannya dengan cara perbanyak generatif (dari biji) dan perbanyakan vegetatif (dari anakan). Penerapan cara perbanyak generatif diterapkan untuk bididaya skala luas dan komersial. Sedangkan untuk penerapan cara vegetatif diterapkan dalam pekarangan atau seperti menanam dalam pot atau polybag.
Proses perbanyakan generatif ada beberapa tahap yang harus dilakukan, dimulai dengan menyemaikan biji sampai dengan pemindahan bibit kedalam polybag. Berikut tahap yang harus dilakukan.

  • rendam dahulu biji dengan air hangat dengan suhu 50 sampai 60 drajat celcius selama 1 jam.proses ini dilakukan sebelum biji disemai
  • buatlah bedengan atau baki semai sebagai tempat persemaian.jangan lupa berikan media semai terdiri dari campuran tanah dan kompos yang tealh diayak dengan perbandingan 2:1
  • untuk menjaga jaga apabila terjadi hujan berilah naungan plastik bening pada bedengan agar tidak terkena air hujan saat terjadi hujan
  • pada atas bedengan buatlah alur garitan sedalam 0,5cm dengan jarak antar alur 10 sampai 20cm lalu terbarkan benih ke dalam lahan tersebut dan siramlah dengan air untuk menjaga kelembapan.
  • siramlah benih tiap pagi dan sore agar kelembapan tetap terjaga lalu tutup kembali dengan tanah
  • setelah 1 bulan dan helai daun mulai tumbuh 3 sampai 4 helai daun dan siap untuk dipindahkan

Untuk cara dengan perbanyak vegetatif bisa dilakukan apabila sudah memiliki tanaman sebelumnya. Cara penanamannnya, anda bisa mengambil anakan yang terdapat dalam rumpun lalu pindahkan ke dalam pot atau polybag yang baru. Sipakan pot dengan berukuran sedang lalu siapkan media tanam yang terdiri tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Untuk penggunaan arang sekam bertujuan tanaman seksm memiliki porositas yang baik dan bobot pada media berkurang sehinnga mudah untuk dipindahkan. Anda juga bisa menggunakan sekam padi, jerami atau serbuk gergaji apabila arang sekam tidak tersedia.

Perawatan Tanaman Seledri

Untuk proses perawatan pada tanaman seledri anda dapat menyiramnya dengan rutin di saat pagi dan sore sampai tanaman berumur satu minggu. Penyiraman dapat dilakukan 2 sampai 3 kali dalam satu minggu apabila cuaca mulai panas usahakan media tidak terlalu kering atau becek. Pemberian pupuk juga sangat penting, dalam proses penanaman untuk budidaya seledri organik disarankan memberikan pupuk organik cair sebagai pupuk susulan.

Anda juga bisa menggunakan pupuk yang berjenis pupuk kandang atau pupuk hayati. Takaran untuk proses pemberian pupuk biasanya sekitar 10 ml pupuk cair lalu siramkan pupuk tersebut dengan dosis 100 ml per polybag. Pemupukan bisa anda lakukan setiap 1 sampai 2 minggu sekali. Penanaman seledri dalam pot biasanya jarang sekali terserang hama ataupun penyakit. Tapi untuk berjaga jaga anda bisa melakukan pengawasan pada tanaman tersebut dan melakukan penyemprotan dengan pestisida organik.

Panen Seledri

Panen bisa dilakukan pada saat usia tanaman 1 sampai 3 bulan setelah tanam atau tergantung varietasnya. Tanaman seledri yang daunnya telah rimbun bisa dikatakan pertimbuhan telah maximum. Untuk teknik memanennya dengan cara memotong pangkal batang secara periodik. Panen bisa dilakukan setelah kurung waktu satu sampai dua minggu

Demikian cara menanam tanaman seledri organik menggunakan media polybag. Semoga bermanfaaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *