Berkebun.ID

Cara Menanam Wortel Dengan Menggunakan Media Pot


Cara Menanam Wortel Dengan Menggunakan Media Pot – Anda pasti tidak asing lagi dengan tanaman sayur wortel. Tanaman sayur ini sering sekali dipakai sebagai campuran bahan makanan seperti sayur. Tak jarang juga tanaman ini diolah dengan cara di jus karena manfaat dan khasiatnya sangat baik untuk kesehatan. Sayuran wortel juga kaya akan vitamin A yang cocok untuk memelihara kesehatan mata. Kali ini kami akan membahas tanaman wortel yang ditanam dengan media pot. Akan menunjukkan bagaimana cara menanam wortel yang baik agar mendapatkan hasil wortel yang berkualitas berikut tahap tahapnya.

cara menanam wortel di pot
cara menanam wortel di pot

Menyiapkan Pot

Tahap yang pertama yang harus dilakukan dalam menanam wortel adalah menyiapakan pot. Pilihlah pot yang memiliki ukuran kedalaman 30 sampai 40 cm semakin dalam ukuran pot semakin baik pula hasil panen. Pastikan pot yang akan digunakan bersih.

Menyiapkan Media Tanam

Dalam menyiapkan media tanam, anda dapat menyiapkan media tanam yang tidak mudah padat yang terdiri dari tanah dan campuran tanah merah, pupuk kompos serta pasir halus dengan dosis yang sama. Masukkan media tanam ke dalam pot yang sudah disiapkan tadi. Sisakan ruang kosong untuk menaruh bibit wortel sekitar 2 sampai 3 cm dari atas pot, lalu buatlah lubang dengan jarak lubang 3 sampai 5 cm.

Cara Penanaman

Anda bisa memasukkan 2 bibit lalu tutup dengan media tanam. Untuk menghasilkan wortel yang berkualitas anda harus memilih bibit wortel yang bagus dan tidak cacat atau anda bisa membelinya di toko tanaman. Siramlah secara rutin dan secukupnya letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Perawatan Tanaman Wortel

Untuk perawatan tanaman wortel, anda harus menyiram wortel secara rutin agar kelembapan tetap terjaga. Potong daun apabila mencapai ketinggian sekitar 3 cm. Agar wortel tumbuh secara optimal anda harus memperhatikan posisi tanaman sebab apabila tanaman bengkok maka akar tidak akan terbentuk sempurna. Maka dari itu anda harus menambahkan media tanam kedalam pot apabila tanaman terlihat bengkok.

Anda dapat memberikan pupuk apabila ketinggian wortel mencapai 8 sampai 10 cm. Berikan pupuk cair organik setiap 2 minggu sekali. Sistem drainase yang kurang baik dapat menyebabkan tanaman wortel terserang penyakit ataupun jamur. Anda sebaiknya gunakan cairan anti jamur untuk mencegah terjadinya penjamuran pada tanaman wortel. Berikan cairan belerang atau serbuk kayu manis.

Pemanenan Wortel

Tanaman wortel bisa dipanen pada saat usia wortel 2 sampai 2,5 bulan. Sesegeralah wortel di panen agar menjaga kesegaran sayuran tersebut.

Demikian cara menanam wortel dengan media pot anda dapat mencobanya sendiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *