Berkebun.ID

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Menghasilkan Suara Panjang

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Menghasilkan Suara Panjang – Burung love bird memiliki tampilan fisik yang cukup menarik, oleh sebab itu banyak banyak peminat masyarakat pada burung ini. Tidak hanya tampang fisiknya suara burung lovebird juga menanjikan bagi pecinta burung. Suara burung lovebird memiliki ngekek yang panjang sehingga tidak jarang burung ini turut ikut diperlombakan. Akan tetapi untuk memiliki burung yang memiliki kicauan yang bagus tidaklah mudah.

cara merawat burung lovebird dimandikan

Anda harus melakukan perawatan sehari hari pada burung lovebird mulai dari pakannya dan nutrisi nutrisinya. Perawatan ini tentu akan membawa pengaruh untuk burung lovebird agar ngekek panjangnya tetap terjaga dan tentu kicauan nya tetap menarik. Artikel Kali ini akan membahas bagaimana cara merawat burung lovebird agar suara dan fisik lovebird tetap menarik dan terjaga. Berikut tahap tahap merawat lovebird:

Memandikan Burung Lovebird Hingga Basah Kuyup

Hal yang bisa memicu burung lovebird untuk menghasilkan suara panjang adalah dengan memandikan burung dengan basah kuyup. Untuk proses pemandian cukuplah dilakukan 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan siang hari. Lakukan pemandian burung dengan tepat waktu mengingat pemandian dilakukan sampai benar benar basah kuyup. Pemandian dengan menggunakan semprotan sprayer atau keramba mandi, setelah anda memandikannya jemur burung di sinar matahari.

Untuk pemandian burung bisa anda jadwalkan sendiri tetapi anda bisa mengikuti cara ini juga. Pemandian biasanya dilakukan pada jam 7 pagi lalu dijemur hingga 3 jam agar burung benar benar kering. Angin anginkan burung lovebird selama 15 menit di tempat teduh. Untuk pemandian pada siang hari anda bisa melakukannya pada jam 12 siang. Setelah pemandian selesai angin anginkan burung agar kering. Manfaatkan waktu sore dengan memasternya dengan menggunakan suara burung lovebird yang bisa anda setel di media speaker.

Melakukan Setelan Pakan Lovebird

Hal yang juga mempengaruhi untuk perkembangan burung lovebird ialah dengan pakan burung lovebird. Agar burung lovebird memenuhi kebutuhan yang tercukupi alangkah baiknya pakan burung lovebird diberikan dengan cara bervariasi. Hal ini untuk mencegah burung rentan terhadap obesitas yang bisa membuat suara burung tidak keluar atau macet.

Hendaklah berikan EF atau extra fooding, seperti buah buahan dan sayuran agar birahi burung bertambah, sehingga burung lebih rajin membuka paruhnya. Hentikan pemberian EF jika burung terlihat sudah cukup birahinya ha ini untuk menghindari yang tidak diinginkan.

Memberi Multivitamin Pada Burung

Pemberian mulvitamin pada burung juga sangatlah penting agar kesehatannya selalu terjaga dan mengembangkan kemampuan berkicaunya. Untuk pemberian multiviatamin pun tidaklah berpengaruh apabila melakukan juga pemandian dan perawatan lainnya, seperti kebersihan kandang dan pakan yang bervariasi. Multivitamin hanya pendukung dari keberhasilan burung lovebird yang sehat dan memiliki kicauan yang bagus.

Demikian artikel yang membahas bagaimana cara merawat burung lovebird. Selamat mencoba.

Baca Juga : Cara Berternak Burung Lovebird

One thought on “Cara Merawat Burung Lovebird Agar Menghasilkan Suara Panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *