Berkebun.ID

Cara Mudah Berternak Kambing yang Benar

Budidaya kambing di Indonesiah masih banyak dilakukan secara tradisional. Tujuan utama ternak kambing sendiri ada 2 macam, yakni untuk mengambil daging atau susunya, Seperti halnya kambing etawa yang produktif menghasilkan susu. Susu kambing pun lebih mahal dibandingkan susu sapi. Ada 2 jenis kambing di Indonesia, yakni lokal dan luar. Kambing local dikenal dengan nama kambing kacang. Postur tubuh kecil namun reproduksinya mudah dan menyukai jenis pakan hijauan apapun. Berikut secara umum cara mudah berternak kambing.

cara mudah berternak kambing
cara mudah berternak kambing

Menyiapkan Kandang

Siapkan kandang kambing, baik bertipe koloni maupun individual. Tipe koloni disekat dalam kamar-kamar besar yang diisi 3-10 ekor kambing. Sedangkan tipe individual, dalam satu kamar hanya ditempati satu kambing saja.

Pemilihan Kambing dan Metode Pemeliharaan

Pilihlah bibit kambing dari indukan yang unggul. Ciri-ciri indukan betina yang bagus ialah memiliki bentuk tubuh besar namun tidak gemuk, padat, garis punggung dan pinggang sama. Sorot mata ramah dan jinak dengan gigi lengkap, dari keturunan yang baik. Sedangkan untuk pejantan yang bagus nampak dari tubuhnya yang besar dan panjang, terlihat gagah dengan dada lebar dan tidak terlalu gemuk. Mempunyai libido yang tinggi untuk kawin. Dari keturunan yang bagus serta kaki nampak kokoh.

Pilihlah metode untuk membesarkan kambing, yakni metode tradisional dengan cara diumbar ataupun secara intensif dan semi intensif di kandang sehingga kambing tidak dapat keluar kandang.

Pemberian Pakan

Berilah pakan dan minum secara teratur. Sebaiknya sediakan pakan hijauan berupa daun-daunan, seperti lamtoro, gamal, daun nangka, dan launnya.

Berikan pula pakan tambahan berupa konsentrat. Pakan konsentrat ini sangat penting saat kambing hamil tua dan setelah beranak sehingga nutrisi tercukupi.

Perawatan dan Kebersihan

Lalukan perawatan kandang sekaligus kambinng itu sendiri. Bersihkan kandang 1-2 kali sehari dari kotoran. Berikan obat cacing apabila kambing cacingan. Mandikan kambing sebelum dimasukkan ke dalam kandang untuk pertama kalinya.

Mengkawinkan Kambing

Kawinkan kambing pada usia 10 hingga 12 bulan. Indukan kambing akan beranak minimal 3 kali dalam 1 tahun.

Demikian cara mudah berternak kambing agar makmur yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *