Berkebun.ID

Manfaat Buah Kurma

Buah kurma merupakan salah satu buah paling manis dan tersedia dalam berbagai varietas. Buah ini telah dibudidayakan sejak 6000 tahun sebelum Masehi. Meski kurma bisa dimakan dalam kondisi masih segar, buahnya kerap dikeringkan sehingga menyerupai kismis atau plum kering. Dalam kondisi masih segar atau sudah kering, manfaat buah kurma masih cukup banyak.

Kandungan Nutrisi Kurma

Kurma kaya akan nutrisi penting  yang bagus bagi kesehatan tubuh, Ukuran buah ini kecil sehingga Anda harus mengkonsumsi jumlah yang lebih banyak untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang diperlukan. Berikut nutrisi yang terkandung dalam 100 gram kurma.

  • Serat – 6,7 gr. 27% RDA
  • Kalium – 696 mg. 20%RDA
  • Tembaga – 0,4 mg. RDA persen
  • Mangan – 0,3 mg. RIA persen
  • Magnesium – 54 mg. RDA persen
  • Vitamin B6 – 0,2 mg. RDA persen

Perlu digaris bawahi, kurma mengandung kadar gula tinggi yang mencapai 66,5 gr per 100 gr porsi kurma. Sebaiknya kurangi konsumsi gula sebanyak mungkin, bahkan saat gula dikonsumsi dari buah.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan dan Menghilangkan Sembelit – Serat sangat penting bagi kesehatan usus besar dan membuat buang air besar secara teratur. Serat tidak larut dan larut yang ditemukan pada kurmadapat membantu membersihkan sistem pencernaan, sehingga usus besar dapat bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi. Selain itu dapat mengurangi risiko kolitis, kanker usus besar, dan wasir. Bahkan konsumsi kurma bisa digabungkan dengan pengobatan rumahan lainnya untuk wasir.
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
  • Anti-Inflamasi – Kurma kaya akan magnesium, mineral yang dikenal dengan manfaat anti-inflamasinya. Magnesium dapat secara efektif mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, artritis, penyakit Alzheimer, dan penyakit kesehatan terkait peradangan lainnya.
  • Mengurangi Tekanan Darah – Kurma penuh dengan mineral. Selain itu, potasium adalah mineral lain pada kurma yang memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh, untuk membantu kerja jantung yang tepat dan membantu mengurangi tekanan darah.
  • Mengurangi Risiko Stroke
  • Kehamilan dan Pengiriman Sehat – Mengonsumsi buah kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan secara signifikan mengurangi kebutuhan akan induksi dan melancarkan persalinan, serta memberikan hasil yang lebih baik namun tidak signifikan.
  • Meningkatkan Kesehatan Otak – Kadar vitamin B6 yang cukup terkait dengan peningkatan kinerja otak dan nilai tes yang lebih baik.

Manfaat Lain

Manfaat lainnya yang tak kalah menakjubkan dari kurma adalah:

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung
  • Diare
  • Anemia defisiensi besi
  • Mengurangi tekanan darah
  • Impotensi
  • Meningkatkan kesehatan pernapasan dan pencernaan
  • Kehamilan
  • Pencegahan ambeien
  • Kondisi kronis seperti arthritis
  • Mengurangi risiko kolitis

Itulah manfaat buah kurma yang bisa Anda ketahui, untuk membeli buah kurma yang berkualitas bagus, Anda bisa mengunjungi situs pasarijo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *