Berkebun.ID

Tahap Menanam Jahe Di Pekarangan Rumah

Tahap Menanam Jahe Di Pekarangan Rumah –  Jahe merupakan termasuk tanaman herbal yang banyak dibudidayakan oleh banyak masyarakat. Selain manfaat jahe yang begitu banyak bagi tubuh, banyak juga permintaan pasar yang tinggi untuk sebagai campuran obat herbal. Berikut artikel ini akan membahas bagaimana tahap menanam jahe yang baik dan benar.

tahap menanam jahe di pekarangan rumah
tahap menanam jahe di pekarangan rumah

Menyiapkan Bibit Jahe

Tahap ini Anda harus memilih bibit jahe yang bagus dan tidak rusak. Untuk membuat bibit jahe tidak lah sulit. Caranya adalah dengan mengambil tanaman jahe yang sudah tua, lalu simpan di tempat lembab hingga mengeluarkan tunas. Setelah mengeluarkan tunas potong tunas tersebut lalu rendam dengan agrimicin kira kira 8 jam.

Menyiapkan Media Tanam

Setelah anda mmebuat bibit jahe, anda bisa menyiapkan media tanam dari polybag atau karung bekas sebagai wadah. Isi polybag dengan tanah humus beserta pupuk kandang yang sudah dicampur sekam dengan perbandingan 3:1 lalu isi ke polybag tersebut dengan takaran tiga seperempat bagian. Letakkan bibit jahe tersebut di polybag dan tutup dengan media tanam sampai padat.

Pemeliharaan Atau Perawatan Jahe

Seperti tanaman yang lainnya, tanaman jahe juga membutuhkan perawatan. Untuk perawatan tanaman jahe anda bisa menyiramnya secara rutin untuk menjaga kelembapannya dan melakukan pemberian pupuk untuk menghasilkan buah yang baik dan berkualitas. Lakukan juga penyiangan untuk mencegah serangan hama.

Tempatkan tanaman jahe yang terlindungi dari hujan karena bisa merusak tanaman tersebut. Tanaman ini lebih tahan terhadap hama, maka dari itu untuk proses perawatan tanaman jahe cukup mudah. Tips agar tanaman jahe tumbuh secara optimal dengan menempatkan tanaman jahe di dalam ruangan yang bersuhu 23-36 derajat celcius. Dengan suhu ruangan tersebut tanaman jahe akan terjaga kelembapannya.

Pemanenan Jahe

Jahe biasanya bisa dipanen pada saat tanaman jahe berumur 8 bulan. Tunas jahe akan selalu tumbuh meskipun menanam jahe hanya sekali. Jadi anda tidak perlu khawatir ketika kehabisan tanaman jahe karena sering diambil.

Demikian tahap menanam jahe di pekarangan sendiri. Anda tertarik? Selamat mencoba!

Baca juga : Tahap Tahap Menanam Padi Yang Baik Dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *