Berkebun.ID

Tips Budidaya Buah Tomat Berbuah Lebat

Tips Budidaya Buah Tomat Berbuah Lebat – Anda tentu tidak asing lagi mendengar buah tomat dimana tomat selalu dipakai sebagai jus ataupun bahan masakan di dapur. Tomat berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini dapat tumbuh kisaran pada suhu 20 sampai 27 dengan curah hujan sekitar 750 sampai 1250 mg per tahun. Dapat tumbuh pada ketinggian 0 sampai 1500 mdpl. Pada artikel ini akan membahas tips untuk membudidaya buah tomat dan menghasilkan buah yang lebat berikut langkah langkahnya:

Memilih Benih Tomat

Untuk menanam benih tomat hendaknya anda melihat dulu karakeristik lokasi tersebut. Apabila di dataran tinggi, pilih benih yang verietasnya cocok untuk dataran tinggi begitupun jika sebaliknya. Untuk bibit, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri dengan cara menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran yang besar dan bentuk.

Berikut tahap untuk membuat bibit sendiri dari buahnya pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Ambil bijinya setelah tanaman cukup tua, bersihkan lendirnya dengan air setelah itu rendam dalam air. Pilihlah biji yang tenggelam dan pilihlah bentuk yang sempurna (tidak cacat atau keriput). Setelah itu simpan biji tersebut ditempat yang seteril keringkan terlebih dahulu sebelum disimpan.

tips budidaya buah tomat
tips budidaya buah tomat

Penyemaian Benih Tomat

Untuk proses penyemaian tanaman tomat sebaiknya disemaikan dahulu sampai memiliki daun batang yang cukup kuat. Siapkan media terpisah untuk proses penyemaian atau dengan cara persemaian untuk tanaman hortikultura. Metode penyemaian ini menggunakan tempat yang terpisah dengan areal tanam media tanam bisa berupa tray, poybag atau bedengan biasa.

Sebaiknya pilih media persemaian dengan polybag dikarenakan media dengan polybag akan mengurangi resiko terjadinya stres pada tanaman pada saat dipindahkan. Jika anda memilih penyemaian menggunakan bedeng, anda harus hati hati saat memindahkan atau mencabutnya karena proses penyemaian memakan waktu agak lama sekitar 35-40 hari dan sampai tanaman siap dipindahkan. Tips untuk penyemaian dengan media polybag lubangi permukaan sedalam 1 cm taruh biji tomat satu butir untuk setiap polybag kemudian tutup dengan media tanam dan untuk memindahkannya dengan merobek polybag lalu masukkan ke dalam lubang tanam.

Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah yang harus anda ketahui adalah keasaman tanah sampai pH 5,5-7 dan apabila tanah asam sampai <5,5 tambahkan kapur pertanian atau dolomituntuk menaikkan pH tanah dan memperbaiki struktur tanah. Untuk menggemburkan tanah bajak tanah sampai ketinggian 30 cm dan lebar 1 meter. Buatlah jarak antar bendeng 30 sampai 40 cm, setelah itu diamkan tanah selama seminggu. Berikan pupuk organik sebanyak 20 ton per hektar, untuk menambah kandungan fosfor anda bisa menambahkan pupuk TSP 5 gram per tanaman. Tutup menggunakan plastik (mulsa plastik) untuk mempertahankan kelembapan tanah dan biarkan tanah selama seminggu sebelum ditanami.

Penanaman Bibit Tomat

Tips budidaya buah tomat selanjutnya adalah penanaman bibit pertama, buat lubang tanam pada mulsa berdiameter 5-7 cm buatlah dua lubang tanam dengan jarak lajur 70-80 cm dan untuk satu lajur 40-50 cm dengan memberi lubang tanam 5-7 cm. Setelah itu bibit tanam siap untuk ditanam.untuk menjaga kelambapannya siram air dengan rata.

Pemelihara Dan Perawatan

Untuk mencegah penyakit dan hama yang menyerang tanaman tomat mengingat tanaman ini sensitif dan rentan terhadap hama dan penyakit anda harus melakukan tahap sebagai berikut:

  • Penyulaman – Penyulaman berguna untuk mengganti tanaman yang gagal tumbuh baik sakit ataupun rusak akibat cuaca.
  • Penyiangan – Bertujuan untuk mengangkat gulma yang tumbuh di areal tanam
  • Pemangkasan – Pemangkasan baiknya dilakukan pada setiap seminggu agar pemangkas tunas tidak tumbuh menjadi batang

Mengatasi Hama Dan Penyakit

Tanaman tomat kerap ter serang penyakit dan hama yang bisa merusak tanaman untuk mengatasi tanaman yang sudah terserang penyakit dengan menyemprotkan pestisida pada tanaman.

Pemanenan Buah Tomat

Tomat baru bisa dipanen saat 60-100 hari setelah penanaman. Pengamatan fisik tanaman penting untuk anda lakukan untuk mengetahui bahwa buah siap dipanen. Tanaman tomat sudah dikatakan siap dipanen apabila kulit buah berubah menjadi kekuning kuningan dan bagian daun mengering.

Bagaimana tertarik untuk mencoba tips budidaya buah tomat di atas? Silahkan anda bisa mencobanya sendiri.

Baca juga : Cara Menanam Buah Naga Sendiri Pada Pot

One thought on “Tips Budidaya Buah Tomat Berbuah Lebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *