Berkebun.ID

Tips dan Cara Membuat Hidroponik di Rumah Dengan Botol Bekas

Tips dan Cara Membuat Hidroponik di Rumah – Memiliki kebun, baik itu yang berisi tanaman sayur-mayur atau buah-buahan kini tidak lagi menjadi hal yang mustahil khususnya bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Cara membuat hidroponik di rumah sebenarnya cukup mudah dan simpel.

Peralatan yang dibutuhkan juga lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan berbagai barang bekas. Contohnya adalah botol plastik ataupun paralon yang sudah tidak terpakai. Jadi, Anda tidak perlu lagi membeli berbagai peralatan. Mengapa? Karena untuk metode menanam yang satu ini yang paling penting adalah tersedianya larutan nutrisi yang cukup agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

tips dan cara membuat hidroponik di rumah

Siapa bilang memiliki kebun sayuran sendiri di rumah dengan keterbatasan lahan adalah hal yang mustahil? Kini dengan menerapkan tips dan cara membuat hidroponik di rumah, memiliki kebun atau taman sederhana bisa Anda wujudkan. Sebelum mulai mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kebun hidroponik, ada beberapa hal yang harus Anda tahu. Hal yang sangat penting pada metode hidroponik adalah sinar matahari adalah air yang bernutrisi.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Alat-alat yang dibutuhkan dalam membuat taman atau kebun hidroponik di rumah ternyata bisa dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Apa saja itu? Berikut diantaranya adalah:

  1. Botol bekas atau gelas plastik
  2. Gunting atau pisau cutter
  3. Air bernutrisi
  4. Media tanam (sekam, serabut kelapa, serbuk kayu, dan sebagainya) yang sudah dicampur dengan pupuk kompos dan sudah diayak
  5. Bibit tanaman atau sayuran yang akan ditanam
  6. Paku
  7. Kain untuk sumbu

Langkah Membuat

Setelah mempersiapkan alat-alat di atas, berikut adalah tips dan cara membuat hidroponik di rumah:

  1. Potong botol plastik menjadi dua bagian. Lubangi bagian atas dan juga tutup botol dengan menggunakan paku dengan diameter kurang lebih hanya 1 cm saja.
  2. Masukkan kain untuk sumbu pada lubang tutup botol, kemudian masukkan media tanam yang sudah disiapkan.
  3. Masukkan air bernutrisi pada bagian bawah botol, kemudian tutup bagian atas dengan posisi terbalik, yaitu tutup botol berada di bagian bawah.
  4. Setelah itu, masukkan bibit dari sayur atau buah-buahan yang ingin ditanam. Tutuplah dengan kain basah kurang lebih 3 hari agar bibit tersebut mulai bertunas.
  5. Setelah mulai tumbuh tunas, pindahkan botol-botol tersebut ke tempat yang bisa terkena sinar matahari langsung. Usahakan jangan terlalu panas agar tanaman tidak mati.

Penjelasan mengenai tips dan cara membuat kebun hidroponik di atas adalah salah satu metode paling sederhana dan paling simpel dalam mengaplikasikan teknik bercocok tanam tersebut. Kini, hanya dengan alat-alat sederhana dan juga peralatan biasa, Anda mampu mengubah suasana rumah agar lebih hijau dan segar. Semoga penjabaran mengenai cara membuat hidroponik di rumah tersebut bisa berguna bagi Anda yang ingin membuat inovasi bercocok tanam dengan teknik-teknik baru. Selamat mencoba.

Baca juga : Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik ?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *